Tutorial Instalasi Windows XP

 Dari Postingan dan permintaan temen-temen disini kami sempatkan untuk berbagi tentang panduan Instalasi Windows Xp pada komputer kita. hal ini sering kali dianggap sesuatu yang membingungkan bagi beberapa rekan terutama bagi mereka yang new bie. Tentang panduan instalasi windows xp kali ini kami berusanya menyampaikannya dengan detail disertai dengan gambar-gambar sehingga menudahkan untuk temen-temen yang ingin berlajar menginstal komputernya sendiri.OOK !!! langasung saja kita masuk pada materi kita:

sebelum proses instalasi kita mulai ada baiknya kita siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam instalasi windows xp:
  1. Yang pertama CD win XP  tentunya disini kita bisa memilih jenis windows XP apa yang ingin kita instalkan ke dalam  komputer kita misalnya Win XP service part2.

  2. Setelah semuanya siap hidupkan komputer kemudian  Masuklah ke menu BIOS untuk mengatur mencari fasilitas booting  pertama kali lewat CD/DV ROM. Tergantung BIOS dari PC kamu, biasanya kita bisa menekan tombol DEL-ESC-/F1-F2 berulang-ulang saat pertama kali komputer di hidupkan. lihat gambar berikut: 

      pada gambar yang dilingkari ubahlah menjadi CD/DVD, kalau sudah simpan perubahan tersebut dengan menekan F10, setelah itu simpan setting yang sudah kita lakukan dan keluar. ketika komputer pertama kami kita hidupkan otomatis Proses booting akan mendeteksi CD/DVD dahulu, jika benar maka akan muncul proses instalasi Microsoft Windows .Lalu  Tekan sembarang tombol untuk memasuki proses instalasi Windows. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut!!

    3.   CD Windows XP akan dibaca, dan akan keluar keterangan yang membingungkan di bawahnya, itu adalah indikasi bawah Windows sedang meload file-file tertentu untuk proses instalasi.
    4.  Jika Windows telah selesai membaca File-File diatas maka akan keluar tulisan welcome setup sebagaimana gambar berikut :
     
     5.  Pada Gambar dia atas dapat kita lihat terdapat 3 pilihan. A. To set up Windows XP now, press ENTER Maksudnya jika kita  memulai melakukan instalasi Windows, maka kita hanya cukup menekan tombol ENTER pada keyboard anda. B. To repair a Windows X installation using Recovery Console, press R
    Maksudnya bahwa untuk recovery Windows jika terjadi masalah sistem tetapi ini jika kita sudah menginstall Windows terlebih dahulu C.. To quit Setup without installaion Windows XP, press F3 Tujuannya adalah membatalkan proses instalasi Windows.
     
    6. Jika anda menekan ENTER maka kita akan menuju langkah selanjutnya yaitu persyaratan Licensing Agreement, dan anda harus menjawabnya dengan menekan F8, jika tidak dijawab atau di tolak maka anda tidak akan dapat meneruskan proses instalasi, jika anda setuju terhadap persyaratan tersebumaka akan masuk tahap berikutnya. lihat gambar berikut :

    7. Setelah kita menekan Tombol F8 Masuk ke proses pemilihan partisi hardisk, seandainya hardisk tersebut masuk baru maka akan muncul tampilan seperti ini gambar berikut :
    8. Maksudnya gambar diatas adalah proses instalasi membaca adanya satu hardisk yang besarnya 19093 M atau 20 GB, jika anda yakin sesuai keberadaan hardisk tersebut tekan enter saja, untuk melakukan proses formating hardisk, format hardisk adalah membentuk blok dan cluster di dalam kepingan hardisk
    9. Untuk Proses Formating perhatikan gambar berikut :

    10. Pilih tipe partisi Bisa FAT atau NTSF setelah itu tekan ENTER maka proses akan dilanjutkan ke proses formating sebagaimana gambar berikut ini :

    11. Setelah proses Format selesai proses selanjutnya adalah proses meload file-file windows untuk dicopy ke dalam hardisk. hal ini akan berlangsung secara otomatis. sebagai gambaran. gambar dibawah ini adalah contohnya :
    12. Jika selesai tercopy komputer akan restart dengan sendirinya. Proses instalasi selanjutnya akan dimulai dengan munculnya logo Windows

    13. Setelah melewati tahap ini kita diminta untuk memasukan parameter yang diminta dalam proses instalasi. Regional and Language Options, yaitu memasukan lokasi dan bahasa yang digunakan.
    14. Tahap berikutnya masukkan nama dan organisasi/perusahaan anda dan memasukkan serial number atau procuk Key yang biasanya ada di CD BOX.

    15. Tahap berikutnya memasukan password sistem, password di sini bukan password saat kita masuk ke Windows, tetapi password yang akan digunakan jika kita hendak mereparasi windows atau masuk safe mode hal ini bisa dilakukan. tetapi juga bisa kita apaikan dengan cara langsung menekan tombol NEXT

    16. Kemudian kita lanjut dengan mengatur setting Jam-tanggal-serta timezone
    17. Tahap berikutnya Setting network bisa anda abaikan dengan cara menetekan typical
    18.  Sampai tahap ini kita akan menunggu sampai Windows selesai melakukan instalasi, jika proses selesai Windows akan melakukan restart atau booting ulang. Setelah booting ulang maka Windows akan melakukan setting lagi bagi pengguna atau final setup, setting terakhir dan Windows akan mulai bisa digunakan secara default.
    19. Welcome to Microsoft Windows jika anda berhasil akan muncul seperti gambar di atas, kita memasukan nama pengguna dengan menekan tombol NEXT ( sebelah kanan bawah)
    20. Proses berikutnya bisa anda perhatikan gambar berikut ini :


















    21. OK sekarang anda telah berhasil menyelesaikan proses instalasi OS windows xp tinggal anda melanjutkan dengna instalasi sofware-soferae lain yang anda butuhkan. dengan demikian anda telah menghemat kocek anda daripada repot-repot datang ke tukang service. selamat mencoba,jangan lupa kasih coment ya he.....he.... semoga manfaat





    Subscribe to receive free email updates:

    2 Responses to "Tutorial Instalasi Windows XP"

    1. selamat ya ...bg pr new bie..requestny udh dipenuhi
      jgn lupa untuk dicoba, n jgn takut kl mau bisa..
      bro..kl bisa tutorial ini dijadikan file PDF...jd sobat bloger bisa donlot tutorial ini..
      smoga sukses selalu buat warnet reefah

      BalasHapus
    2. terimakasih untuk wong tegal. insya allah untuk format pdfnya segera kita bikinke dan segera kami upload. untuk temen-temen new bie benar kata wong tegal jangan takut untuk mencoba. kalo ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan. insya allah akan kami bantu.

      BalasHapus